Selasa, 25 November 2014

Makna Ukhuwah Islamiyah.

• Menurut Imam Hasan Al-Banna: Ukhuwah Islamiyah adalah keterikatan hati dan jiwa satu sama lain dengan ikatan aqidah.
Hakekat Ukhuwah Islamiyah
1. Nikmat Allah (QS. 3: 103)
2. Perumpamaan tali tasbih (QS. 43: 67)
3. Merupakan arahan Rabbani (QS. 8: 63)
4. Merupakan cermin kekuatan iman (QS. 49: 10)
Perbedaan Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah Jahiliyah
• Ukhuwah Islamiyah bersifat abadi dan universal karena berdasarkan aqidah dan syariat Islam. Ukhuwah Jahiliyah bersifat temporer (terbatas pada waktu dan tempat), yaitu ikatan selain ikatan aqidah (misal: ikatan keturunan [orang tua-anak], perkawinan, nasionalisme, kesukuan, kebangsaan, dan kepentingan pribadi).
Hal-hal yang menguatkan Ukhuwah Islamiyah:
1. Memberitahukan kecintaan pada yang kita cintai
2. Memohon dido’akan bila berpisah
3. Menunjukkan kegembiraan & senyuman bila berjumpa
4. Berjabat tangan bila berjumpa (kecuali non muhrim)
5. Mengucapkan selamat berkenaan dengan saat-saat keberhasilan
6. Memberikan hadiah pada waktu-waktu tertentu
7. Sering bersilaturahmi (mengunjungi saudara)
8. Memperhatikan saudaranya & membantu keperluannya
9. Memenuhi hak ukhuwah saudaranya
Buah Ukhuwah Islamiyah
1. Merasakan lezatnya iman
2. Mendapatkan perlindungan Allah di hari kiamat (termasuk dalam 7 golongan yang dilindungi)
3. Mendapatkan tempat khusus di syurga (15:45-48)
Referensi
• Bercinta dan bersaudara karena Allah, Ust. Husni Adham Jarror, GIP
• Meraih Nikmatnya Iman, Abdullah Nasih ‘Ulwan
• Rahasia Sukses Ikhwan Membina Persaudaraan di Jalan Allah, Asadudin Press
• Panduan Aktivis Harokah, Al-Ummah
PERSAUDARAAN ISLAM
A. Tujuan Materi
1. Memahami hakikat dari ukhuwah Islamiyah
dan dapat menyebutkan cr merealisasikannya
dalam kehidupan Umat.
2. Memahami langkah2 perwujudan ukhuwah yg
diperlukan u/ membentuk umat yg bersatu dalam
satu Barisan.
3. Termotivasi mewujudkan ukhuwah islamiyah dan
terdorong u/ merealisasikannya sehigga terbentuk
satu Barisan.

B. Kisi-Kisi MATERI
1. Ukhuwah Islamiyah dilakukan melalui hubungan
pribadi dan secara berjamaah(kelompok)
(QS. 49:10, 8:1)
2. Melaksanakan proses ta’aruf(saling mengenal)QS. 49:13
- Secara fisik
- Pemikiran
- Kejiwaan
3. Melaksanakan proses tafahum(saling memahami)
- Dengan menyatukan hati(QS, 8:60/63)
- Menyatukan pemikiran
- Menyatukan AMAL
4. Melaksanakan proses ta’awun(saling menolong)QS.5:2
- Sebara hati(saling mendoakan
- Secara pemikiran(berdiskusi dan menasehati)
- Secara amal(Bantu membantu)
5. Melaksanakan proses takaful(saling menanggung)
muncul setelah ta’awun
- Hati saling menyatu
- Saling menyayangi
6. Akhirnya muncul kesatuan barisan dan juga kesatuan umat.
5 Tingkatan Ukhuwah
Perjuangan Islam tidak akan tegak tanpa adanya ukhuwah islamiyah.
Islam menjadikan persaudaraan dalam islam dan iman sebagai dasar bagi aktifitas perjuangan untuk menegakkan agama Allah di muka bumi. Ukhuwah islamiyah akan melahirkan rasa kesatuan dan menenangkan hati manusia. Banyak persaudaraan lain yang bukan karena islam dan persaudaraan itu tidak akan kuat dan kekal. Persaudaraan Islam yang dijalin oleh Allah SWT merupakan ikatan terkuat yang tiada tandingannya.
Poerpecahan dikalangan umat dewasa ini terjadi disebabkan mereka tidak memenuhi persyaratan ukhuwah, yaitu kurangnya mendekatkan diri kepada Allah dengan ibadah yang bersungguh-sungguh. Allah SWT berfirman, ketaatan beribadah dan ketakwaan sebagai solusi dari perpecahan umat. Lihat Q.S.49:10 dan 8 :1.Oleh karena itu untuk mencapai nikmatnya ukhuwah, perlu kita ketahui beberapa proses terbentuknya ukhuwah islamiyah antara lain ada 5 :
1. Ta’aruf (Saling Mengenal) : ini adalah tingkatan yang paling dasar dalam ukhuwah. Adanya interaksi dapat lebih mengenal karakter individu. Perkenalan pertama tentunya kepada penampilan fisik (Jasadiyyan), seperti tubuh, wajah, gaya pakaian, gaya bicara, tingkah laku, pekerjaan, pendidikan, dsb. Selanjutnya interaksi berlanjut ke pengenalan pemikiran(Fikriyyan). Hal ini dilakukan dengan dialog, pandangan thd suatu masalah, kecenderungan berpikir, tokoh idola yang dikagumi/diikuti,dll. Dan pengenalan terakhir adalah mengenal kejiwaan (Nafsiyyan) yang ditekankan kepada upaya memahami kejiwaan, karakter, emosi, dan tingkah laku. Seoerti kalau kita kenalan dengan orang pertama kalinya, kita tanya alamat, no HP dsb
2. Tafahum (Saling Memahami) : proses ini berjalan secara alami. Seperti bagaimana kita memahami kekurangan dan kelebihan saudara kita. Sehingga kita bisa tahu apa yang di sukai dan tidak di sukai, menempatkan posisi seperti apa bila kita bersamanya dsb.
3. Ta’awun (Saling Menolong) : lahir dari proses tafahum tadi. Ta’awun dapat dilakukan dengan hati (saling mendo’akan), pemikiran (berdiskusi dan saling menasehati), dan amal ( saling Bantu membantu). Saling membantu dalan kebaikan adalah kebahagiaan tersendiri. Karena manusia adalah makhluk sosial yang butuh berinteraksi dan butuh bantuan org lain.
4. Takaful (Saling Menanggung) : rasa sedih dansenang diselesaikan bersama. Ketika ada saudara yang mempunyai masalah, maka kita ikut menanggung dan menyelesaikan masalahnya tersebut. Contoh mudah nya, ketika teman kita belum mampu membayar SPP bulan ini, maka kita menanggung biaya nya tersebut.Dsb.
5. Itsar (Mendahulukan orang lain daripada diri sendiri) : ini adalah tingkatan tertinggi dalam ukhuwah. Tingkatan iman nya para sahabat. Banyak hadist yang menunjukkan itsar ini. Seperti ketika dalam suatu perang, salah seorang sahabat sangat kehausan. Kebetulan ia hanya tinggal mempunyai 1 kali jatah air untuk minum. Saat akan meminum nya, terdengar rintihan sahabat lain yang kehausan. Maka air tersebut ia berikan kepada sahabat yg kehausan itu. Saat mau meminumnya terdengar sahabat lain lagi yang merintih kehausan. Kemudian ia berikan air tersebut kepada sahabat itu. Begitu seterusnya sampai air tersebut kembali kepada si pemilik air pertama tadi. Akhirnya semua syahid.

Tidak beriman seseorang diantaramu hingga kamu mencintainya seperti kamu mencintai dirimu sendiri (HR. Bukhari-Muslim).Betapa indah ukhuwah islamiyah yang diajarkan Alloh dan rosul-Nya. Bila umat islam melakukannya, tentunya terasa lebih manis rasa iman di hati dan terasa indah hidup dalam kebersamaan. Mari kita mulai dari diri kita, keluarga, masyarakat dekat untuk menjalin persaudaraan islam ini.wallahu ta’ala a’lam bisshawab.

KESEMPURNAAN AGAMA ISLAM


J   Umat yang terbaik
J   Apa itu Islam?

Assalamu'alaikum Wr. Wb!!
Alhamdulillah, alladzi arsala rosulahu bil huda wa dinil haq, liyuzhhirohu 'alad dini kullihi, wa lau karihal musyrikun. Asyhadu alla ilaha illallah, wa asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuluhu. Allahumma sholli 'ala Muhammad wa 'ala alihi wa shohbihi ajma'in.  

Suatu Hari di Bukit Shafa
Adik-adik sekalian, kakak mau cerita tentang suatu hari di bukit shafa. Suatu tempat di dekat kota Mekkah. Pada waktu itu nabi kita Muhammad SAW beserta para shahabatnya sedang akan melakukan shalat berjama'aah.  

Seperti biasa sebelum shalat dimulai, Rasulullah merapikan barisan/ shaf ma'mum shalat berjama'ah di belakangnya. Lalu beliau berkata : "Luruskankanlah shaf kalian! Luruskan telapak kaki dengan telapak kaki, pundak dengan pundak! Dan lemah lembutlah terhadap tangan saudara kalian". Kemudian shalat berjama'ah pun dimulai dengan khusyunya.  

Adik-adik, tahukah kalian siapa saja orang-orang yang hadir saat itu? Mereka adalah shahabat-shahabat Rasul. Mereka adalah orang-orang yang lebih awal beriman kepada kenabian Rasulullah SAW dan kepada agama Islam ini. Mereka adalah As Sabiqun Al Awwalun! Mereka adalah orang-orang pilihan.  

Dari Berbagai Kalangan Manusia
Di antara mereka ada yang masih anak-anak. Ada yang tua. Ada yang muda. Ada yang kaya. Ada yang miskin. Ada tokoh terkenal. Ada orang yang tidak terkenal. Ada cerdik pandai dan terdidik. Ada yang ummi dan buta huruf. Ada yang berstatus budak. Ada yang berstatus sebagai orang merdeka. Jumlah mereka bisa dihitung dengan jari dan tidak lebih dari seratus orang.  

Rasulullah SAW berkumpul bersama orang-orang pilihan ini di tengah-tengah bukit Shafa. Beliau menyirami mereka dengan semangat spiritual, menuntun mereka membaca kitab Allah yang agung, dan mendiktekan ayat-ayat Allah. Dan … dari mereka itulah beliau membangun umat yang baru. Dengan da'wah baru dan untuk dunia baru!! Dari merekalah munculnya kebangkitan Islam sehingga mereka pernah disebut umat yang terbaik.  

Umat yang Terbaik
Allah berfirman: "Kalian adalah ummat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah …" (QS 3 Ali 'Imran : 110)  

Adik-adik sekalian, kakak sangat mengharapkan diri adik-adik dan juga mudah-mudahan – kakak tentunya – dapat menjadi seperti orang-orang pilihan yang pernah ada di hadapan Rasulullah SAW. Kelompok manusia pilihan tersebut dimulai dari anak usia 9 tahun hingga orang dewasa berusia 40 tahun. Mereka adalah orang-orang yang memiliki keimanan yang benar. Penuh keyakinan! Tanpa ada keraguan!!  

Allah berfirman: "Sesungguhnya orang-orang mu'min adalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjihad dengan harta dan jiwa mereka di jalan Allah. Mereka itulah orang-orang yang benar" (QS 49 Al Hujurat : 14)  

Mereka memahami akan kebenaran dan kesempurnaan ajaran Islam. Mereka faham bahwa Islam bukanlah agama yang dibuat-buat oleh seseorang yang bernama Muhammad. Bukan!! Mereka faham sepenuhnya bahwa Islam yang mereka pegang teguh adalah agama Allah. Islam adalah wahyu ilahi. Agama yang telah Allah wahyukan melalui hamba-Nya yang Dia kehendaki yaitu Muhammad SAW.  

Apa itu Islam?
Nah adik-adik, kakak tanya sekali lagi? Islam itu apa sih?  

Adik-adik, ada sebagian orang yang kalau ditanya pada mereka : "Apa itu Islam?". Maka mereka menjawab: "Islam adalah Isya, Subuh, Lohor, Ashar, Maghrib!!". Nah, kalau adik-adik pernah dengar yang satu ini maka ketahuilah bahwa jawaban itu adalah salah besar. Mengapa? Karena "Islam" bukanlah sebuah singkatan. Bukan seperti SMP! Apa itu SMP? "Sudah makan, pulang!!"  

Menurut bahasa aslinya (bahapa apa ayo?) Islam itu :  

1.   berarti "tunduk patuh";
2.   juga berarti "berserah diri"
3.   bisa juga berarti "suci bersih"
4.   juga berarti "selamat dan sejahtera"
5.   dan juga berarti " perdamaian"
Nah, tunduk patuh, berserah diri, suci bersih, selamat dan sejahtera, serta kedamaian adalah arti dari kata Islam.  

Coba kita ulangi lagi 5 arti kata Islam yang sudah disebutkan tadi! Apa saja?


Definisi Islam
Nah kalau adik-adik ditanya oleh siapa pun juga tentang apa itu Islam, maka jawablah dengan mantap. Islam adalah ketundukan kepada :  

-   wahyu ilahi
-   yang diturunkan kepada nabi dan rasul-Nya, khususnya Muhammad SAW
-   sebagai aturan atau pedoman hidup
-   yang membimbing manusia kepada jalan yang lurus
-   menuju pada kebahagiaan dunia dan akhirat.


Coba kita ulangi lagi apa itu Islam? Ya, bagus!! Siapa tahu keluar di ulangan agama lho!! Kalau nggak, ya nggak apa-apa kan?  

Manusia-manusia Mulia
Nah adik-adik, itulah Islam yang dibawa oleh nabi kita Muhammad SAW. Dan beliau adalah hamba Allah yang mulia karena merupakan teladan bagi kita dalam melaksanakan aturan Allah dalam kehidupan.  

Kemudian para shahabat adalah bukti nyata manusia-manusia yang menjadi mulia di sisi Allah dan di hadapan makhluk-makhluk ciptaan-Nya, termasuk manusia, karena telah membuktikan keimanan mereka dengan taat kepada aturan Allah dan taat kepada Rasul Allah.  

Mereka semua telah menjadi manusia pilihan dikarenakan keimanan mereka. Mereka telah tercatat di dalam sejarah hidup manusia. Mereka telah menjadi pembela agama Allah. Agama Islam yang sempurna ini.  

Adik-adik, untuk membahas kesempurnaan Islam lebih jauh lagi, kakak rasa harus dibahas di lain waktu saja. Insya Allah di pertemuan selanjutnya.  

Kesimpulan
Cukuplah hari ini kita simpulkan bahwa seorang muslim adalah seorang yang tunduk patuh dan berserah diri kepada Allah. Seorang muslim jika ingin membuktikan keislamannya harus taat dan patuh melaksanakan aturan-aturan Allah. Seorang muslim menjadikan Islam agamanya sebagai pedoman hidupnya. Setiap langkah dan perbuatan dalam hidupnya mengikuti aturan-aturan Allah. Dan ia mencontoh kepada Rasulullah SAW yang menjadi teladan dalam melaksanakan Islam. Semua ini dilakukannya karena ia tahu bahwa Islam adalah jalan yang lurus. Jalan yang lurus ini akan membawanya kepada kebahagiaan. Kebahagiaan di dunia dan di akhirat.  


Wallahu a'lam bishawab

Wassalamu'alaikum Wr Wb!!!

Minggu, 23 November 2014

UMAR IBN AL-KHATTAB ± 586-644

Sebuah mesjid di Kairo diberi nama "Mesjid Umar ibn al-Khattab"
`Umar Ibn al-Khattab adalah khalifah kedua, dan mungkin terbesar dari semua khalifah Islam. Dia sejaman namun lebih berusia muda ketimbang Nabi Muhammad. Dan seperti juga Muhammad, dia kelahiran Mekkah. Tahun kelahirannya tidak diketahui, tetapi menurut taksiran tahun-586.
Asal-muasalnya `Umar Ibn al-Khattab merupakan musuh yang paling ganas dan beringas, menentang Muhammad dan Agama Islam habis-habisan. Tetapi, mendadak dia memeluk agama baru itu dan berbalik menjadi pendukung gigih. (Ini ada persamaannya yang menarik dengan ihwal St. Paul terhadap Kristen). `Umar Ibn al-Khattab selanjutnya menjadi penasihat terdekat Nabi Muhammad dan begitulah dilakukannya sepanjang umur Muhammad.
Tahun 632 Muhammad wafat, tanpa menunjuk penggantinya. Umar dengan cepat mendukung Abu Bakr sebagai pengganti, seorang kawan dekat Nabi dan juga mertua beliau. Langkah ini mencegah ada kekuatan dan memungkinkan Abu Bakr secara umum diakui sebagai khalifah pertama, semacam "pengganti" Nabi Muhammad. Abu Bakar merupakan pemimpin yang berhasil tetapi beliau wafat sesudah jadi khalifah hanya selama dua tahun. Tetapi, Abu Bakr menunjuk `Umar jadi khalifah tahun 634 dan memegang kekuasaan hingga tahun 644 tatkala dia terbunuh di Madinah oleh perbuatan seorang budak Persia. Di atas tempat tidur menjelang wafatnya, `Umar menunjuk sebuah panita terdiri dari enam orang untuk memilih penggantinya. Dengan demikian lagi-lagi kesempatan adu kekuatan untuk kekuasaan terjauh. Panitia enam orang itu menunjuk `Uthman selaku khalifah ke-3 yang memerintah tahun 644-656.
Dalam masa kepemimpinan sepuluh tahun `Umar itulah penaklukan-penaklukan penting dilakukan orang Arab. Tak lama sesudah `Umar pegang tampuk kekuasaan sebagai khalifah, pasukan Arab menduduki Suriah dan Palestina, yang kala itu menjadi bagian Kekaisaran Byzantium. Dalam pertempuran Yarmuk (636), pasukan Arab berhasil memukul habis kekuatan Byzantium. Damaskus jatuh pada tahun itu juga, dan Darussalam menyerah dua tahun kemudian. Menjelang tahun 641, pasukan Arab telah menguasai seluruh Palestina dan Suriah, dan terus menerjang maju ke daerah yang kini bernama Turki. Tahun 639, pasukan Arab menyerbu Mesir yang juga saat itu di bawah kekuasaan Byzantium. Dalam tempo tiga tahun, penaklukan Mesir diselesaikan dengan sempurna.
Penyerangan Arab terhadap Irak yang saat itu berada di bawah kekuasaan Kekaisaran Persia telah mulai bahkan sebelum `Umar naik jadi khalifah. Kunci kemenangan Arab terletak pada pertempuran Qadisiya tahun 637, terjadi di masa kekhalifahan `Umar. Menjelang tahun 641, seseluruh Irak sudah berada di bawah pengawasan Arab. Dan bukan cuma itu: pasukan Arab bahkan menyerbu langsung Persia dan dalam pertempuran Nehavend (642) mereka secara menentukan mengalahkan sisa terakhir kekuatan Persia. Menjelang wafatnya `Umar di tahun 644, sebagian besar daerah barat Iran sudah terkuasai sepenuhnya. Gerakan ini tidak berhenti tatkala `Umar wafat. Di bagian timur mereka dengan cepat menaklukkan Persia dan bagian barat mereka mendesak terus dengan pasukan menyeberang Afrika Utara.
Sama pentingnya dengan makna penaklukan-penaklukan yang dilakukan `Umar adalah kepermanenan dan kemantapan pemerintahannya. Iran, kendati penduduknya masuk Islam, berbarengan dengan itu mereka memperoleh kemerdekaannya dari pemerintahan Arab. Tetapi Suriah, Irak dan Mesir tidak pernah peroleh hal serupa. Negeri-negeri itu seluruhnya di-Arabkan hingga saat kini.
`Umar sudah barangtentu punya rencana apa yang harus dilakukannya terhadap daerah-daerah yang sudah ditaklukkan oleh pasukan Arab. Dia memutuskan, orang Arab punya hak-hak istimewa dalam segi militer di daerah-daerah taklukan, mereka harus berdiam di kota-kota tertentu yang ditentukan untuk itu, terpisah dari penduduk setempat. Penduduk setempat harus bayar pajak kepada penakluk Muslimin (umumnya Arab), tetapi mereka dibiarkan hidup dengan aman dan tenteram. Khususnya, mereka tidak dipaksa memeluk Agama Islam. Dari hal itu sudahlah jelas bahwa penaklukan Arab lebih bersifat perang penaklukan nasionalis daripada suatu perang suci meskipun aspek agama bukannya tidak memainkan peranan.
Keberhasilan `Umar betul-betul mengesankan. Sesudah Nabi Muhammad, dia merupakan tokoh utama dalam hal penyerbuan oleh Islam. Tanpa penaklukan-penaklukannya yang secepat kilat, diragukan apakah Islam bisa tersebar luas sebagaimana dapat disaksikan sekarang ini. Lebih-lebih, kebanyakan daerah yang ditaklukkan dibawah pemerintahannya tetap menjadi Arab hingga kini. Jelas, tentu saja, Muhammadlah penggerak utamanya jika dia harus menerima penghargaan terhadap perkembangan ini. Tetapi, akan merupakan kekeliruan berat apabila kita mengecilkan saham peranan `Umar. Penaklukan-penaklukan yang dilakukannya bukanlah akibat otomatis dari inspirasi yang diberikan Muhammad. Perluasan mungkin saja bisa terjadi, tetapi tidaklah akan sampai sebesar itu kalau saja tanpa kepemimpinan `Umar yang brilian.
Memang akan merupakan kejutan --buat orang Barat yang tidak begitu mengenal `Umar-- membaca penempatan orang ini lebih tinggi dari pada orang-orang kenamaan seperti Charlemagne atau Julius Caesar dalam urutan daftar buku ini. Soalnya, penaklukan oleh bangsa Arab di bawah pimpinan `Umar lebih luas daerahnya dan lebih tahan lama dan lebih bermakna ketimbang apa yang diperbuat oleh Charlemagne maupun Julius Caesar.

Seratus Tokoh yang Paling Berpengaruh dalam Sejarah
Michael H. Hart, 1978
Terjemahan H. Mahbub Djunaidi, 1982
PT. Dunia Pustaka Jaya
Jln. Kramat II, No. 31A
Jakarta Pusat

soal Tema 3 Kelas 2 Kurikulum 2013

 


PEMERINTAH KOTA TEGAL
DINAS PENDIDIKAN KOTA TEGAL
SEKOLAH DASAR NEGERI PANGGUNG 10 TEGAL
Jalan Panggung Baru No. 103 Telp. (0283) 324163 Tegal kode Pos 52122
 


ULANGAN AKHIR SEMESTER I
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Tema                             :          3. Tugasku Sehari - hari
Kelas / Semester            :    II ( Dua) / Satu
Hari/Tanggal                  :    Rabu. 10 Desember 2014
Waktu                            :    90 Menit

I.         PILIHLAH SALAH SATU JAWABAN a, b ATAU c DENGAN MEMBERI TANDA SILANG ( X )!
1.      Tugas yang diberikan orang tua di rumah sebaiknya...
a.       dilaksanakan
b.      didiamkan
c.       diacuhkan

2.      Anak – anak kelas 2 membagi pekerjaan dengan bermusyawarah. Musyawarah adalah salah satu perbuatan yang mencerminkan pengamalan pancasila, sila ke...
a.       2
b.      3
c.       4
11 001
3.                                                               Gambar disamping adalah lambang Pancasila, sila ke...    
a.    3
b.    4
c.    5


4.      Sebelum pelajaran dimulai, anak – anak berdoa dengan...
a.       khusyuk
b.      keras
c.       ramai

5.      Permainan lompat tali dilakukan secara berkelompok. Setiap kelompok memusyawarahkan posisi masing – masing. Hasil musyawarah harus ...
a.         diabaikan
b.         ditinggalkan
c.         dilaksanakan

6.      Kartu keluarga merupakan dokumen ...
a.       penting
b.      keluarga
c.       pribadi

7.      Menjaga kebersihan lingkungan kelas adalah tugas ...
a.       guru
b.      penjaga sekolah
c.       siswa

8.      Garuda Pancasila, akulah ...
a.       pengikutmu
b.      penganutmu
c.       pendukungmu

9.      Permainan buaya berlomba dilakukan secara ...
a.       sendiri
b.      kelompok
c.       teman
10.  Linda adalah tetangga Siti. Linda anak yatim. Anak yatim artinya ...
a.         tidak punya ayah dan ibu
b.         tidak punya ibu
c.         tidak punya ayah

11.  Pukul 05.30, dibaca ...
a.    pukul lima tepat
b.    pukul lima lebih dua puluh
c.    pukul lima lebih tiga puluh

12.                                                                                                                                 12 001Kegiatan gambar disamping, biasa saya lakukan
                                                                Pukul ...
a.    06.30
b.    07.30
c.    08.30




13.                                                                                                                                 13 001Gambar disamping menunjukkan pukul ...
a.    07.30
b.    08.30
c.    09.30





14.  Pukul 04.00 sore penulisannya adalah ...
a.    pukul 14.00
b.    pukul 15.00
c.    pukul 16.00

15.      
Rute
Lama perjalanan
Lama perjalanan Jakarta – Purwokerto adalah ...
a.    7 jam
b.    5 jam
c.    2 jam

-          Jakarta – Cirebon
5 jam
-          Cirebon – Purwokerto
2 jam
-          Purwokerto – Yogjakarta
3 jam

II.    ISILAH SOAL – SOAL DIBAWAH INI DENGAN BENAR!
16.  Bunyi Pancasila sila ke 3 adalah ...
17.  Gambar rantai adalah lambang dari Pancasila, sila ke ...
18.  Setiap hari siswa kelas 2 melaksanakan tugas piket sesuai jadwalnya. Tugas yang diberikan guru kepada siswa disekolah harus di ...
19.  Beni pergi ke Gereja dengan orang tuanya. Gereja adalah tempat ibadah untuk umat yang beragama ...
20.  Kita tidak boleh sombong dengan teman, karena sombong termasuk sifat yang ...
Bacaan untuk soal no 21 dan 22
Hari Jumat Bersih
Setiap kelas berlomba – lomba membersihkan kelas. Di kelas Beni, semua siswa membersihkan kelas dengan semangat. Guru telah mengajari siswa cara menghapus papan tulis dan cara membersihkan lingkungan kelas. Menjaga kebersihan lingkungan kelas adalah tugas siswa.
21.  Judul bacaan diatas adalah ...
22.  Tugas siswa sesuai dengan bacaan diatas adalah ...
23.  15 001 






Urutan gambar yang benar sesuai dengan gambar diatas adalah ...
Syair lagu dibawah ini untuk soal no 24 dan 25
                               Pergi Belajar
Oh, Ibu dan Ayah, selamat pagi
Ku pergi sekolah sampai kan nanti
Ibu dan Ayah:
Selamat belajar nak penuh semangat, rajinlah selalu tentu kau dapat
Hormati gurumu sayangi teman
Itulah tandanya kau murid budiman
24.  Sebelum berangkat sekolah sebaiknya .... pada Ayah dan Ibu.
25.  26 001Pesan Ayah dan Ibu pada lagu diatas adalah belajar dengan penuh ...
26.                                                                    Tugas saya di rumah sesuai gambar disamping adalah ....



27.  26 002Siti sholat Dhuhur pukul ...



28.  Saya belajar di rumah mulai pukul 07.00   malam. Pukul 07.00 malam penulisannya adalah ...
29.  Ibu pergi ke pasar pukul 08.00 dan pulang pukul 12.00.  Ibu berada di pasar ....jam
30.  Kakak pulang sekolah pukul 14.00. Pukul 14.00 = pukul ... siang


     









KISI – KISI SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015
Tema                        : 3. Tugasku Sehari – hari
Kelas                        : II (  Dua )
Alokasi waktu          : 60 Menit
Jumlah Soal              : 30
Bentuk soal              : Pilihan Ganda = 15     Isian = 15
No
Kompetensi Dasar
Muatan
Indikator Soal
No soal
Bentuk soal
1.       
3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam
lambang negara “Garuda
Pancasila”



3.2 Memahami tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari – hari di rumah dan disekolah
PPKN
- Mengidentifikasi simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
-  Memberi contoh sikap yang
mencerminkan nilai Pancasila

-Menyebutkan beberapa aturan
yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah.

-Menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
3
16
17

2
4

1
18


5
19
20
Pilgan
Isian
Isian

Pilgan
Pilgan

Pilgan
Isian


Pilgan
Isian
Isian
2.
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
3.3 Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen milik keluarga dengan bantuan guru / teman dalam bahasa indonesia lisan maupun tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
Bahasa Indonesia
-Mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar.

- Mencatat hal-hal pokok kegiatan dengan topik tertentu.





-Mengidentifikasi berbagai
kegiatan anggota keluarga
-Menunjukkan beberapa contoh perilaku yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
- Menjelaskan dokumen dalam keluarga.
- Disajikan lagu garuda pancasila, siswa dapat melanjutkan isi lagu tersebut
9
7

21
22





10

23
24
25

6

8
Pilgan
Pilgan

Isian
Isian





Pilgan

Isian
Isian
Isian

Pilgan
Pilgan
3.
3.5 Mengenal satuan waktu
dan menggunakannya pada kehidupan sehari-hari di lingkungan sekitar.
Matematika
-Menyebutkan kegiatan sehari-hari yang dihubungkan dengan satuan waktu.

-Menentukan lama suatu kegiatan menggunakan  satuan jam.



-Menentukan posisi jarum jam (jarum pendek dan jarum panjang) untuk waktu tertentu.

11
12
26

14
15
28
29
30

13
27
Pilgan
Pilgan
Isian

Pilgan
Pilgan
Isian
Isian
Isian

Pilgan
Isian

                                                                                                            Tegal, .......
November 2014
                Mengetahui                                                                                 Pembuat Soal
     Ka. SDN Panggung 13


         MUSLIH, S.Pd.I                                                                            TRI INDRIANI, S.Pd
NIP: 19590820 198104 1 001