Rabu, 29 Oktober 2014

Selayang Pandang Tentang Kurikulum 2013

Assalamualaikum.wr.wb

Pembaca yang terhormat semoga semuanya sehat selalu dan selalu dilindungi oleh Allah S.W.T. hari ini saya sedang mendapatkan pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 yang dilaksanakan dalam waktu 3 hari bertempat di PKG salah satu Kota saya tinggal.

Kurikulum 2013 adalah kurikulum terbaru dari pendidikan yang di selenggarakan di Indonesia. mengkaji dan menanggapi penerapan kurikulum 2013 menjadi menarik ketika ada semua sudut pandang yang berbeda antara nara sumber dan peserta pelatihan sedikit berbeda.

tanggapan terhadap kurikulum 2013 dari semua pihak cenderung berbeda. ada yang menganggap kurikulum ini adalah kurikulum yang tidak tepat di terapkan di negara ini bahkan ada yang bilang kurikulum ini menjadi beban guru dalam menjalankan tugasnya. bagaimana tidak terlalu banyak administrasi yang merepotkan guru dari pada kurikulum KTSP demikian ujaran dari salah satu guru yang saya ajak sharing.

Namun beda lagi ketika sudut pandang dari murid, menurut murid guru menjadi kurikulum 2013 menjadi sangat menyenangkan karena banyak main dan kegiatan praktek serta kegiatan outdoornya . dan anak lebih senang karena soal-soal pun tergolong mudah karena berdasarkan yang mereka jalani ketika proses pembelajaran.

apapun pendapat tentang kurikulum 2013 ini menjadi hal yang sebaiknya dan sepatutnya di dukung karena ini adalah merupakan program Falsafah pendidikan bangsa. Walaupun saat ini yang terjadi di lapangan baik sosialisasi dan pelaksanaan kegiatan kurikulum 2013 masih terseok-seok apa lagi sampai saat ini penyedia buku cetak belum sampai keseluruh sekolah yang ada di indonesia secara merata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar